Sabtu, 03 Maret 2018

Mengenal Adobe Animate

Mengenal Adobe Animate CC

Bagi Anda pecinta Flash, tampilan Animate CC ini boleh jadi semakin memikat hati. Dari tampilan awalnya sangat berbeda juga dengan versi Flash sebelumnya, yaitu Flash CC pa lagi Flash CS dan sebelum-sebelumnya lagi.


Setelah loading ada beberapa pilihan, yang jelas setelah edisi Flash cc tidak muncul lagi ActionScript 2.0. Tapi lupakan itu, tidak boleh tidak memang harus migrasi ke ActionScript 3.0.


Jadi saya pilih saja ActionScript 3.0 dan akan muncul lembar kerja sebagai berikut.



Tool di atas benar-benar kalian pahami. Tool tersebut nantinya yang akan digunakan untuk membuat berbagai obyek..ya alat gambar gitu lah.

Sebelumnya maaf. Menjelaskan dengan gaya ini pasti akan diprotes oleh teman-teman saya. Yach…ada yang menanyakan Adobe Animate sih makanan apa? Flash itu program apaan ya?

Jawaban saya : Saya juga bingung..hehehehe
Sebelumnya, bagi yang sudah biasa bekerja dengan Flash baik versi Macromedia atau Adobe Flash abaikan bagian ini. Bahkan kalau perlu langsung saja lari..action..bikin produk yang nyata secara tuntas.
(Emangnya ada ya produk yang nggak nyata atau nyata tapi tidak tuntas :D)

Flash (baca Adobe Animate) digunakan untuk membuat aberbagai animasi. Animasi ini bisa diterapkan di mana saja, misalnya film animasi, animasi pendidikan, animasi iklan, dan lain-lain. Termasuk juga digunakan untuk membuat media pembelajaran/presentasi interaktif, game, dan lain-lain. Apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh Flash (baca : Adobe Animate).

Film animasi tentunya kalian sudah sering melihatnya ya. Sepeti Sopo dan Jarwo, Upin dan Ipin, Naruto, Keluarga Somad, termasuk juga film animasi layar lebar seperti Lion King ya.
Sebelum merambah lebih jauh kepada dunia animasi, kita bisa mengawali dengan belajar menggambar terlebih dulu. Apa yang akan dianimasikan (baca : digerakkan) kalau bukan suatu obyek. Jadi, mari kita latihan menggerakan mouse kita sehingga nanti akan lebih alamiah seperti ketika menggambar secara seperti biasa.

Berikut contoh gambar yang dibuat untuk kepentingan pembelajaran matematika, yaitu membuat ornamen geometri (materi apa pula itu ya).





Dengan tool dasar yaitu rectangle dan dikasih lekukan sedikit bisa menghasilkan gambar seperti di atas. Bagaimana? Mau lanjut belajar bikin animasi?
Tapi belajar menggambar dulu ya? Gak papa deh coretan-coretan dulu di kertas. Ntar saya bantu memindahkan di laptop/komputer.

Oks..siswa-siswaku, khususnya di SMP Negeri 3 Kutasari (alias Spentriku) selamat berkarya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

About

Tentang Spentriku

Spentriku adalah nama keren dari SMP Negeri 3 Kutasari. SMP Negeri 3 Kutasari ini terletak di Jalan Raya Karangjengkol - Tobong Kutasari Purbalingga.